Info Terbaru 2022

Cara Merubah Rom Odex Ke Deodex Tanpa Pc

Cara Merubah Rom Odex Ke Deodex Tanpa Pc
Cara Merubah Rom Odex Ke Deodex Tanpa Pc

Dalam sebuah sistem android ada perbedaan yang masih belum banyak diketahui oleh orang, yaitu antara rom odex dan deodex. Apa itu maksudnya ? Di artikel ini aku akan memkerjakan tuntas mengenai apa itu rom odex dan deodex, manfaatnya, dan metode merubah dari rom odex ke rom deodex.

Apa itu ROM Odex dan Deodex ?

Odex

ROM Odex ialah sebuah penerapan dalam aplikasi yang ada di sistem, dimana file *dex dari setiap aplikasi yang terinstall tidak dibungkus menjadi satu, melainkan dipisahkan dengan aplikasinya. Kaprikornus ada file aplikasi, ada file *dex yang dikeluarkan menjadi *odex dari aplikasi itu sendiri.

Deodex

Sedangkan bila ROM Deodex sebaliknya,  file *dex setiap aplikasi yang terinstall akan dibungkus dengan aplikasi itu sendiri. Kaprikornus tidak akan ada file *dex yang dikeluarkan dari aplkasi.

Apa perbedaannya ? 

Sebenarnya perbedaan antara rom odex dan deodex itu cukup simple. Jika rom odex akan lebil cepat melaksanakan booting, alasannya ialah aplikasi sudah dioptimasi. Namun kekurangannya Anda tidak dapat melaksanakan modifikasi aplikasi menyerupai dc atau rc. Sedangkan bila rom deodex itu memungkinkan Anda untuk melaksanakan modifikasi aplikasi, contohnya edit SystemUI.apk

Bagaimana metode memahami odex atau deodex ?

Untuk memahami apakah rom yang Anda pergunakan itu ialah rom odex atau deodex, Anda harus terutama dahulu melaksanakan Rooting pada Android nya, selanjutnya :

  1. Install dan buka Root Explorer
  2. Masuk ke System
  3. Masuk lagi ke app
  4. Disini Anda akan memfokuskan beberapa aplikasi yang terinstall. Jika dibawah aplikasinya ada file lagi dengan ekstensi .odex maka rom yang dipergunakan dalam posisi odex. Sedangkan bila deodex tidak akan ada file tersebut, jadi hanya  ada file aplikasi saja.


Cara Merubah ROM Odex ke Deodex

Sebelumnya merubah dari rom odex ke deodex, android harus memenuhi persyaratan dibawah ini :
  • Android dalam keadaan root
  • Sudah menginstall 3C Toolbox Pro
Langkah 1 : Masuk ke 3C Toolbox Pro tersebut

Langkah 2 : Cari dan Masuk ke System Manager

Langkah 3 : Klik de(odex) ROM

Langkah 4 : Klik ON untuk system/app, system/priv-app, system/framework

Langkah 5 : Klik ON juga untuk Zip-align system apk

Sampai sini Anda sudah berhasil merubah dari rom odex ke rom deodex. Untuk memahami berhasil atau tidaknya, silahkan Anda cek dengan metode diatas yang sudah aku jelaskan. Menurut aku bila Anda seseorang yang suka modifikasi sistem android, maka Anda wajib merubah rom ke deodex. Sekian dari aku supaya bermanfaat, bila ada kesalahan aku tidak bertanggung jawab.
Advertisement

Iklan Sidebar