Info Terbaru 2022

Tips Menentukan Frame Rate (Fps) Untuk Video Kamera Dslr

Tips Menentukan Frame Rate (Fps) Untuk Video Kamera Dslr
Tips Menentukan Frame Rate (Fps) Untuk Video Kamera Dslr

Belakangan ini aku sedang sedikit mendalami videografi (ciyeeeee), soalnya gres beli dslr gres :-D.
Wokeh lah, sambil masih terus belajar, ini aku dapet postingan menarik dari kaskus mengenai pemilihan frame rate video. Untuk lebih singkatnya aku ringkas sebagai berikut:

Beberapa fram rate yang dapat anda pilih yakni 24, 25, 30, 50, dan 60fps (frame per-second). Untuk beberapa negara dan wilayah ada frame rate yang sudah menjadi patokan atau standar masing-masing. 24fps yakni frame rate yang banyak/umum digunakan, 25fps yakni standar yang digunakan di eropa, 

Makin tinggi frame rate maka makin terang juga gerakan (motions) yang dihasilkan video, Makin rendah frame rate maka akan semakin terlihat bayangan pada gerakan (motion blur) yang dihasilkan video.

Untuk lebih greget lagi silahkan baca beberapa rujukan berikut ini:

aku bantu jawab sesuai pengalaman aja, meskipun masih dangkal pengalamannya hehe...
aku pakai kamera nikon D3200, dan mostly pake 24fps (lebih tepatnya 23.976fps), kenapa aku pake 24 fps? supaya menunjukkan kesan cinematic look/film look., gampangnya supaya lebih nyeni lah hehehe... 24 fps dapat dibilang standar umum pembuatan film, meskipun yg pake diatas 24 fps juga ada.
Menurut langsung saya, kalo rekam video pake 60fps (saya belum pernah coba pake 30fps), videonya jadi terlalu halus, jadi ya kayak ngerekam pake handycam aja gitu, meskipun di meja editing dapat diinterpret ke 24 fps juga. Saya kalo rekam pake 60fps itu tujuannya untuk bikin adegan slow motion. Rekam pake 60fps, nanti diturunin 40% (atau 0.4) di editing dan jadi deh video slow motion yang tidak mengecewakan smooth. kenapa diturunin 40%? alasannya yakni di render di 24 fps supaya kembali lagi jadi film look. 60fps*40%=24fps
fps yang terbaik itu 60fps? Perlu dijelaskan juga nih 'terbaik' maksudnya dalam hal apa? Kalo pergerakan frame jadi lebih halus memang betul, kalo terbaik dalam arti kualitas gambar, itu tergantung. Di kamera aku 24fps itu 1080p, sementara 60fps itu 720p.

Semoga tercerahkan

cuma mau nambahin semoga ts yakin, ane juga sama jikalau buat film niscaya rata rata pake 24fps, jikalau 60fps buat slomo aja emoticon-Hammer (S) ,udah kejawab semua ama agan ini emoticon-Big GrinQuote:

Halo, kayak kata komen di atas, si agan pertamax udh hampir jawab semua emoticon-Big Grin
Cuma mau komen juga, siapa tw dapat nambahin emoticon-Big Grin

1) Kalau aku biasa begini gan;
a. 24fps (23.976) => buat film / jikalau risikonya mau berasa lebih film-ic / cinematic, alasannya yakni alasan yang sudah dijelaskan oleh agan pertamax; yang mungkin dapat ditambahkan itu SHUTTER SPEED --> Kalau agan mau lebih berasa film, Shutter speednya juga harus diatur, jikalau misal pakai DSLR, biasa shutter speed nya 1/50, rumusnya itu (Kata para masta di seantero internet) shutter speed = 1/2xfps
b. 30fps => buat dokumentari / ngerekam pertunjukan acara. Karena dibanding 24fps, pergerakannya lebih mulus gan, jadi lebih berasa orisinil begitu.
c. 60fps => SLOWMO atau dokumentari / show / program juga bisa. Untuk slowmo, klarifikasi sudah diberikan agan pertamax, jikalau untuk dokumentari, ya alasannya yakni ini sangat mulus, jadi berasa orisinil gan. Kalau sekarang, di youtube udah ada tuh video2 60fps, jikalau nonton niscaya berasa gan. :
*Ini hanya kebiasaan aku saja. Tidak ada aturannya kok. Sesuai kretifitas agan aja. Cuma yang harus diingat itu bahwa setiap fps itu punya "rasa" yang berbeda-beda, jadi jikalau mau shooting, dipikrkan juga mana yang paling cocok untuk keadaan agan. emoticon-Big Grin

2. Saya sih ibarat di atas gan, cuma alasannya yakni seringnya bikin film, jadinya ya 24 / 23.97 fps emoticon-Big Grin

3. Tidak ada yang terbaik gan, sesuai suasana / sesuai keadan aja gan. Sama ibarat pasangan hidup gan, tidak ada yang sempurna, adanya yang cocok :P emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

Semoga dapat membantu ya gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

fps buat ngalusin animasi di gambar gan ... =) kl jaman tv dl cmn ada NTSC 30fps ato PAL 25fps kini alasannya yakni udah digital jd mo brapa aja dapat gan (tergantung kameranya)


Sumber reverensi informasi: https://www.kaskus.co.id/thread/55b51272642eb66f478b4567/ask-tentang-frame-per-second-fps/
Advertisement

Iklan Sidebar