Info Terbaru 2022

4 Pola Rkh Paud Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Terbaru

4 Pola Rkh Paud Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Terbaru
4 Pola Rkh Paud Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Terbaru
 Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum  4 Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Terbaru
4 Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
Contoh RKH PAUD Saintifik Model Kelompok (Sudut Kegiatan)
Pijakan (Penyiapan Lingkungan Main):
Guru menata ragam main sesuai dengan sudut yang akan dipakai (mininal 4 sudut).
Satu sudut sanggup diisi dengan bermacam-macam aktivitas main.
Di setiap kawasan aktivitas main tersedia alat, bahan, sumber atau media yang sanggup dieksplorasi untuk menerapkan pendekatan saintifik.
Lingkungan yang disiapkan memungkinkan terbangunnya pemahaman anak yang mendalam terhadap topik atau tema yang dibahas
Kegiatan Pembukaan:
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan bermacam-macam alat ,bahan, sumber atau media untuk diamati, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema/sub tema
Anak mengamati (dengan aneka macam indera) alat, bahan, sumber atau media
Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak dikala aktivitas inti
Kegiatan Inti:
Anak beraktifitas di sudut untuk mengumpul kan informasi
Dalam aktivitas mengumpulkan warta anak diberi kesempatan untuk mengamati dan menanya secara lebih luas dan mendalam
Anak melaksanakan uji coba/eksperimen/praktek dengan alat, bahan, sumber atau media yang tersedia secara individu maupun berkelompok
Anak membandingkan, mengelompokkan, melaksanakan pengukuran, dll dengan memakai alat, bahan, sumber atau media
Anak diberi kesempatan untuk menciptakan aneka macam karya dengan memakai alat, bahan, sumber atau media sesuai dengan minat, wangsit dan kreativitas masing-masing
Guru menghargai setiap wangsit yang dilontarkan oleh anak, mendorong anak untuk memunculkan kreativitasnya, membangun minat anak dan juga terjadinya proses belajar
Guru memperjelas/mematangkan pengetahuan yang diperoleh anak serta mendorong anak untuk sanggup memperluas gagasan dan hasil karyanya
Guru memperlihatkan penguatan atas pengetahuan gres yang didapatkan anak biar menjadi bab pengetahuan yang masuk ke dalam ingatan anak.
Kegiatan Penutup:
Anak diberi waktu untuk memberikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
Dalam proses ini anak didorong untuk menumbuhkan impian dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
Guru mendorong anak biar tumbuh impian untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
Guru memberikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti aktivitas selaras dengan wangsit yang disampaikan anak.
Untuk Selengkap nya silahkan download file di bawah ini.

Link Unduh File :
4 Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
Advertisement

Iklan Sidebar