Info Terbaru 2022

Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis ?

Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis ?
Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis ?
 Dalam hidupnya insan senantiasa berbisnis untuk bertahan hidup Apa itu Studi Kelayakan Bisnis ?

Studi kelayakan bisnis - Dalam hidupnya insan senantiasa berbisnis untuk bertahan hidup. Karena dengan berbisnis kita akan mendapatkan penghasilan yang mana sangat berkhasiat untuk mencukupi biaya keseharian. Berbinis itu tidak seenaknya saja, tapi kita harus memiliki perhitungan atau taktik sebelum memulai bisnis tersebut. Semua taktik tersebut biasa disebut dengan studi kelayakan bisnis. Dimana studi kelayakan bisnis ini berperan sangat penting akan kemajuan bisnis, alasannya yaitu semua perhitungan atau planning ada di dalamnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyebarkan isu dengan topik utama studi kelayakan bisnis, mulai dari pengertian studi kelayakan bisnis, tujuan, manfaat, dan tahapan. Artikel ini akan cukup panjang, jadi saya sediakan daftar isi artikel yang berkhasiat sebagai navigasi menuju point - point penting



Mengenal lebih jauh mengenai Studi Kelayakan Bisnis

Apa itu studi kelayakan bisnis ?


Ada beberapa pendapat mengenai pengertian studi kelayakan bisnis yang bila disimpulkan yaitu sebuah analisa setrik mendalam yang dilakukan sebelum memulai bisnis guna untuk mekepunyaani pengetahuan kelayakan bisnis tersebut di masa yang akan tiba dengan banyak sekali laba dan kerugian serta trik untuk mengatasinya.

Jadi kini sanggup Anda ketahui bahwa inti dari studi kelayakan bisnis yaitu memperkirakan bisnis yang akan dibentuk di masa yang akan datang. Jangan hingga bisnis yang mengeluarkan modal besar malah tidak akan laris di masa yang datang.


Tujuan studi kelayakan bisnis


Kali ini saya akan mengambil tujuan studi kelayakan bisnis berdasarkan Kasmir dan Jakfar (2007), dimana ada lima tujuan yang mengharuskan studi kelayakan bisnis dilakukan sebelum memulai bisnis, diantaranya yaitu :

1. Untuk menghindari resiko kerugian

Kerugian di dalam bisnis memang tidak sanggup kita perhitungkan dan ketahui, alasannya yaitu biasanya tiba setrik mendadak. Bisnis yang berjalan lancar dan sudah populer pun sanggup menjadi rugi seketika. Nah dengan melaksanakan analisa kelayakan bisnis ini sangat berkhasiat untuk mekepunyaani pengetahuan banyak sekali resiko yang akan tiba dilihat dari perkembangan zaman. Selain itu, Anda juga akan memiliki trik mengatasinya.

2. Membuat perencanaan

Dengan studi kelayakan bisnis Anda sanggup membuat planning kecil maupun besar di masa yang akan mendatang. Anda akan mekepunyaani pengetahuan perencanaan mencakup modal, waktu pelaksanaan, lokasi pelaksanaan, trik pelaksanaan, hingga laba dan kerugian yang akan didapatkan.

3. Meringannyakan pelaksanaan

Jika suatu bisnis sudah memiliki planning dari awal hingga akhir, tentu hal ini akan memperringannya dalam mencapai tujuan tersebut. Karena planning tersebut akan menjadi ajaran bagi setiap karyawan untuk tetap fokus pada tujuan yang diinginkan.

Baca Juga : Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil yang Menguntungkan

4. Meringannyakan pengawasan

Proses pengawasan perusahaan mulai dari atas hingga bawah akan sangat ringannya kalau Anda sudah memiliki planning bisnis. Maka dengan ringannya Anda sanggup mekepunyaani pengetahuan dan menindak sekecil apapun kesalahan yang terjadi yang keluar jalur dari planning awal.

5. Meringannyakan pengendalian

Dalam sebuah bisnis tentu Anda akan menemudak penyimpangan, baik terlihat maupun tidak terlihat. Tapi balasannya Anda akan mekepunyaani pengetahuan penyimpangan tersebut, nah dengan melaksanakan studi kelayakan bisnis Anda akan mekepunyaani trik supaya penyimpangan tersebut tidak terlalu menyimpang.

Manfaat studi kelayakan bisnis

 Dalam hidupnya insan senantiasa berbisnis untuk bertahan hidup Apa itu Studi Kelayakan Bisnis ?

Dalam memulai bisnis tentu Anda tidak akan terlepas dari beberapa pihak dalam pembangunan bisnis tersebut. Studi kelayakan bisnis akan menghasilkan sebuah analisa bisnis di masa mendatang yang tentunya harus sanggup dipertanggung jawabkan supaya pihak - pihak lain percaya dan merasa yakin dalam memulai bisnis tersebut.

Baca Juga : Usaha Saat Malam Tahun Baru yang Menguntungkan

Adapun Anda harus memperhatikan beberapa aspek berikut supaya pihak lain percaya terhadap bisnis yang akan Anda mulai :

  • Bilamana bisnis bermodal dari hasil derma bank, Anda harus memiliki jalan untuk membayar modal tersebut kalau suatu ketika bisnis tersebut gagal. Karena pastinya pihak bank tidak ingin uang derma yang diberikannya macet.
  • Bisnis yang akan dimulai harus mematuhi peraturan - peraturan pemerintah yang berlaku.
  • Bisnis yang akan dimulai juga harus membuat sebuah lapangan pekerjaan bagi masyarakat, supaya tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat.

Tahapan memulai studi kelayakan bisnis

Dalam melaksanakan studi kelayakan bisnis Anda harus mempelajari dulu tahapannya, supaya proses analisa kelayakan studi sanggup berjalan dengan baik. Adapun berikut tahapan memulai studi kelayakan bisnis :

1. Tahap memilih ide

Menemukan inspirasi produk atau jasa yang berpontensi laris dan sangat menguntungkan, baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Dalam memilih inspirasi produk atau jasa Anda sanggup mekepunyaani pengetahuan dari seruan pasar yang masih belum terpenuhi.

2. Tahap penelitian

Setelah menemukan inspirasi untuk bisnis, Anda harus melaksanakan Tahap Penelitian yang lebih mendalam dengan melaksanakan observasi, analisa, dan mengolah data - data setrik releva

3. Tahap penilaian proyek

Setiap proyek yang tengah berlangsung, akan berlangsung, ataupun sudah berlangsung harus Anda perbaruai (evolusi), mulai dari kekurangan proyek tersebut, supaya proyek yang akan tiba sanggup lebih baik lagi.

4. Tahap pengurutan usulan yang layak

Dalam berbisnis Anda harus sanggup mendapatkan masukan dari para konsumen, saring semua usulan tersebut dan ambil usulan yang layak yang sanggup membuat bisnis Anda semakin berkembang.

5. Tahap planning pelaksanaan proyek bisnis

Salah satu hasil dari studi kelayakan bisnis yaitu Anda harus memiliki planning dalam melaksanan bisnis yang akan Anda mulai. Hal ini supaya memperringannya jalannya bisnis tersebut

6. Tahap pelaksanaan proyek bisnis

Setelah Anda rasa semua aspek diatas sudah terpenuhi. Langkah selanjutnya Anda yaitu memulai bisnis yang selama ini Anda inginkan

Makara itulah Pengertian Studi Kelayakan Bisnis yang sangat berkhasiat bagi Anda yang ingin memulai bisnis gres supaya bisnis tersebut sanggup mencapai kesuksesan. Terima kasih sudah berkunjung, biar artikel ini bermanfaat dan silahkan share ke calon pebisnis lainnya.
Advertisement

Iklan Sidebar